Teknik Deblurring pada Citra/Image

Blur adalah daerah gambar yang tidak tajam disebabkan oleh kamera atau gerakan subyek, fokus tidak akurat, atau penggunaan aperture yang memberikan kedalaman medan yang dangkal. efek blur adalah filter yang membuat transisi halus dan kontras menurun oleh rata-rata pixel di sebelah tepi garis atau wilayah yang ditentukan dimana ada warna transisi yang signifikan.

Deblurring adalah proses pemulihan citra yang sebelumnya terdapat blur menjadi citra yang lebih baik. Berikut teknik-teknik deblurring citra/image :

1. Lucy- Richardson Algorithm Technique

Teknik Algoritma Lucy-Richardson, juga dikenal sebagai Richardson–Lucy deconvolution, adalah prosedur iterative untuk memulihkan gambar laten yang telah menjadi kabur oleh sebuah PSF (Point Spread Function) yang diketahui.

Deblurring citra 1.1

Dimana: p adalah fungsi persebaran titik (fraksi cahaya yang berasal dari j lokasi sebenarnya yang diamati pada posisi i), uj adalah nilai piksel pada lokasi j pada gambar laten, dan Ci adalah nilai yang diamati pada lokasi piksel i. Statistik dilakukan dengan asumsi bahwa u distribusi Poisson, yang tepat untuk gangguan foton dalam data. Ide dasarnya adalah untuk menghitung u yang paling mungkin diberikan oleh C yang diamati dan diketahui p. Hal ini mengarah ke persamaan untuk u yang dapat iteratif dipecahkan sesuai dengan:

Deblurring citra 1.2

Dimana : Deblurring citra 1.3

Telah ditunjukkan secara empiris bahwa jika iterasi ini konvergen, maka akan konvergen ke solusi maksimum yang mungkin untuk uj.

  • Point Spread Function (PSF) adalah tingkat /derajat sejauh mana suatu sistem optik blurs (menyebarkan) titik cahaya. PSF adalah invers transformasi Fourier dari Optik Transfer Function (OTF) pada frekuensi domain , OTF menggambarkan respon linear, posisi sistem invariant untuk sebuah impulse.OTF adalah Fourier transfer titik (PSF).

2. Inverse Filter

Invers filtering adalah salah satu teknik yang digunakan untuk restorasi gambar untuk mendapatkan gambar pulih f’ (x,y) dari data gambar g(x,y)  sehingga f’(x,y) = f(x,y) Dalam situasi ideal n(x,y) = 0.

Deblurring citra 2.1

3. Wiener Filter

Prinsip Wiener filter bekerja didasarkan pada sedikitnya akar permasalahan restorasi. Ini adalah metode untuk memulihkan citra dari blur dan noise. The frequency- Ekspresi Frekuensi domain untuk Wiener filter adalah:

Deblurring citra 2.2

Dimana: F (s) adalah gambar blur, F + (s) kausal, Fx (s) ant kausal.

4. Pendekatan Neural Network

Jaringan saraf adalah sebuah bentuk multiprosesor sistem komputer, dengan elemen-elemen pemrosesan sederhana, interkoneksi tingkat tinggi, interaksi adaptif antara unsur-unsur. Ketika sebuah unsur dari jaringan saraf gagal, itu bisa berlanjut tanpa adanya masalah dengan sifat paralelnya.

Deblurring citra 3.1

Gambar Jaringan Syaraf Tiruan (JST)

JST (Jaringan Saraf Tiruan) menyediakan tool yang kuat untuk pendekatan sebuah fungsi target yang diberi sejumlah contoh input output dan untuk merekonstruksi fungsi dari sebuah kelas gambar. Algoritmanya propagasi balik (back propagation) dan perceptron menggunakan gradien-teknik yang layak untuk menyetel parameter jaringan untuk pelatihan yang paling baik dari sejumlah contoh input-output. Di sini kami menggunakan propagasi balik pendekatan jaringan saraf untuk restorasi citra. Pendekatan ini adalah kemampuan untuk pembelajar fungsi nonlinier yang komplek yang diharapkan akan menghasilkan struktur yang lebih baik terutama dalam daerah frekuensi tinggi dari gambar. Kita menggunakan dua-lapisan propagasi balik jaringan dengan konektivitas yang lengkap.

Artikel-artikel Terkait :

  1. Macam-macam Filter Image/Citra pada Matlab.

 


Be Sociable, Share!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *