Dasar – Dasar HTML

Bagi anda yang sudah banyak belajar tentang website, pasti anda sudah tahu tentang HTML. Hal ini dikarenakan dalam membuat website anda pasti tidak akan terlepas dari instruksi-instruksi HTML. Selain HTML, ada lagi pasangannya, yaitu kode PHP. PHP (Hypertext Preprocessor) adalah bahasa pemrograman yang bisa disisipkan pada kode HTML. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang dasar HTML.

Bagi anda yang masih pemula dalam menggunakan web, pasti akan bertanya-tanya tentang apa itu HTML? Apa kegunaannya? Bagaimana sintaks HTML? Oke, langsung saja kita bahas tentang dasar HTML. HTML merupakan singkatan dari Hypertext Markup Language. HTML adalah bahasa yang digunakan untuk menulis halaman web. Namun HTML bukanlah sebuah bahasa pemrograman, karena sifatnya yang hanya memberikan tanda (Marking Up) pada suatu dukumen teks dan bukan sebagai program. HTML hanyalah berisi perintah-perintah yang telah terstruktur berupa tag-tag penyusun. Menuliskan tag-tag HTML tidaklah sebatas hanya memasukkan perintah-perintah tertentu agar HTML dapat di akses oleh browser. Mendesain HTML adalah adalah sebuah seni tersendiri. Dalam mendesain HTML, anda bisa menggunakan HTML editor seperti Microsoft FrontPage, Adobe Dreamweaver, dan lain-lain. Atau juga anda bisa mengeditnya secara manual menggunakan notepad.

1. Struktur Dokumen HTML

Secara sederhana HTML terdiri dari dua bagian yaitu Header dan Body. Struktur HTML diapit oleh tag awal <HTML> dan tag akhir </HTML>. Standar penulisannya adalah:

<HTML>
<HEAD>
                Deskrisi dokumen
</HEAD>
<BODY>
                Isi dokumen
</BODY>
</HTML>

Contoh :

<HTML>
<HEAD>
               <TITLE>Welcome to My Web</TITLE>
</HEAD>
<BODY>
               Hello World…
</BODY>
</HTML>

Dari Struktur dasar HTML dapat dijelaskan :

  • Tag : Teks khusus (markup) berupa dua karakter “<” dan “>”, sebagai contoh <body> adalah tag dengan nama body. Secara umum tag ditulis secara berpasangan, yang terdiri atas tag pembuka dan tag penutup (ditambahkan karakter “/” setelah karakter “<“), sebagai contoh <body> ini adalah tag pembuka isi dokumen HTML, dan </body> ini adalah tag penutup isi dokumen HTML.
  • Element : Element terdiri atas tiga bagian, yaitu tag pembuka, isi, dan tag penutup. Sebagai contoh untuk menampilkan judul dokumen HTML pada web browser digunakan element title, dimana: <title>  ini adalah tag pembuka judul dokumen HTML. Disini Judul Dokumen HTML  ini adalah isi judul dokumen HTML. </title>  ini adalah tag penutup judul dokumen HTML Tag-tag yang ditulis secara berpasangan pada suatu element HTML, tidak boleh saling tumpang tindih dengan pasangan tag-tag lainnya. Contoh penulisan tag-tag yang benar :

<p>

<b>

……

</b>

</p>

Contoh penulisan tag yang salah:

<p>

<b>

……

</p>

</b>

  • Atribut : Attribute mendefinisikan property dari suatu element HTML, yang terdiri atas nama dan nilai. Penulisannya adalah sebagai berikut:

<TAG>

nama-attr=”nilai-attr”

nama-attr=”nilai-attr”

……………..
</TAG>

Secara umum nilai attribute harus berada dalam tanda petik satu atau dua. Sebagai contoh, untuk membuat warna teks menjadi kuning dan latarbelakang halaman web menjadi hitam, penulisannya adalah <body bgcolor=”black” text=”yellow”>. Color merupakan atribut yang bisa anda tambahkan pada beberapa element seperti body, font, link dan lainya. Color di bagi dalam tiga kategori warna primer yaitu red, green dan blue. Masing-masing color didefinisikan dalam dua digit hexadecimal number.

#RRGGBB     Hexadecimal Color

#FF0000       Red

#00FF00      Green

#0000FF      Blue

#000000      Black

#FFFFFF     White

Element HTML : Menyatakan pada browser bahwa dokumen Web yang digunakan adalah HTML.

Sintaks :

<html>
……….
</html>

Element Head : Merupakan kepala dari dokumen HTML. Tag <head> dan tag </head> terletak di antara tag <html> dan tag </html>.

Sintaks :

<head>
………..
</head>

Element Title : Merupakan judul dari dokumen HTML yang ditampilkan pada judul jendela browser. Tag <title> dan tag </title> terletak di antara tag <head> dan tag </head>.

Sintaks :

<title>
………
</title>

Element body : Element ini untuk menampilkan isi dokumen HTML. Tag <body> dan tag </body> terletak di bawah tag <head> dan tag </head>. Element BODY mempunyai attribute-attribute yang menspesifikasikan khususnya warna dan latarbelakang dokumen yang akan ditampilkan pada browser.

Sintaks :

<body text=”v” bgcolor=”w” background=”uri” link=”x” alink=”y” vlink=”z”>
…………..
</body>

Attribute text memberikan warna pada teks, bgcolor memberikan warna pada latarbelakang dokumen HTML, background memberikan latarbelakang dokumen HTML dalam bentuk gambar, link memberikan nilai warna untuk link, alink memberikan warna untuk link yang sedang aktif, vlink memberikan warna untuk link yang telah dikunjungi. Jika attribute bgcolor dan background keduanya dispesifikasikan maka attribute background yang akan digunakan, akan tetapi jika nilai attribute background (gambar) tidak ditemukan pada dokumen HTML maka attribute bgcolor yang akan digunakan.

Contoh membuat dokumen HTML :

Gunakan text editor, misalnya “Notepad” dan tuliskan text seperti berikut :

<HTML>
<HEAD>
<TITLE>Latihan membuat HTML</TITLE>
</HEAD>
<BODY>
Saya sedang belajar membuat HTML!!!
</BODY>
</HTML>

Simpan text tersebut dengan nama “latihan.html” . Lalu jalankan pada browser, misalnya bworser chrome atau mozilla. Maka akan tampil text dokumen HTML seperti berikut :

Latihan HTML

 

Artikel-artikel terkait :

  1. Instalasi dan Konfigurasi MySQL Server.
  2. Cara koneksi antara PHP dan MySQL.
  3. Membuat tabel dengan menggunakan PHP dan MySQL.
  4. Belajar Dasar PHP.

Be Sociable, Share!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *