Membuat Program GUI Matlab untuk Menampilkan Data Tabel Excell

Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan bagaimana cara menampilkan data tabel dari MS. Excell ke dalam tampilan Tabel GUI Matlab. Dalam membuat sebuah project aplikasi kita tentu banyak bermain dengan database baik yang berbentuk tabel excell maupun yang berbentuk database SQL (structured Query Language). Kali ini kita akan membahas bagaimana cara menampilkan data pada excell ke dalam GUI Matlab mulai dari cara mendesign GUI (Grapical User Interface) Matlab, membaca excell, memasukkannya kedalam sebuah variabel, sampai menampilkannya pada tabel GUI Matlab. Misalnya sebagai contoh kita memiliki data tabel excell dengan nama file “Tabel.xlsx” seperti berikut.

Program GUI Matlab 12

Mari kita mulai dari mendesign GUI Matlab sederhana. Bagi anda yang masih baru mengenal matlab, tentu penjelasan bagian ini akan sangat anda perlukan. Baiklah, kita mulai tutorialnya. Pastikan aplikasi Matlab sudah terinstall pada komputer anda. Versi matlan yang kami gunakan adalah versi R2103a.

1. Pertama buatlah GUI Matlab dengan mengklik ICON yang terlihat seperti gambar berikut.

Program GUI Matlab 1

2. Kemudian, pilih Graphical User Interface.

Program GUI Matlab 2a

3. Kemudian, create Blank GUI. Save as dengan nama yang anda inginkan. Contoh kami menyimpan file tersebut dengan nama “Program_menampilkan_tabel.fig”. Ingat, nama tidak boleh mengandung spasi.

Program GUI Matlab 3

4. Maka akan muncul framework seperti berikut.

Program GUI Matlab 4

5. Lalu import tabel dengan cara klik icon tabel yang ada disamping kemudian drop pada framework GUI seperti terlihat pada gambar berikut.

Program GUI Matlab 5

6. Lalu klik dua kali tabel yang telah kita buat untuk mengedit inspector. Kemudian edit bagian ColumnName seperti tampilan berikut. Isikan nama-nama kolom seperti No, Nama, Tinggi Badan, dan Berat badan. Check list auto width.

Program GUI Matlab 6

7. Kemudian ubah nama tag, misalnya ganti nama dengan “tabelhasil”. Nama tag inilah yang nanti akan berfungsi sebagai identitas tabel tersebut. Setelah diubah, klik icon close.

Program GUI Matlab 7

8. Kemudian buatlah push button dengan cara yang sama seperti import tabel. Yaitu dengan klik terlebih dahulu icon push button yang ada pada sisi kiri, lalu drop ke framework.

Program GUI Matlab 8

9. Lalu klik 2 kali push button tersebut dan kemudian ubah string dan tag nya. Misalkan dengan nama string “Apply” dan tag “tes_apply”. Lalu close inspector.

Program GUI Matlab 910. Lalu save framework tersebut.

Program GUI Matlab 1011. Setelah itu, klik kanan push button, kemudian pilih callback yang muncul seperti berikut.

Program GUI Matlab 11

12. Maka akan muncul mfile dan kemudian isikan instruksi programnya.

Program GUI Matlab 13

Keterangan :

  • Instruksi xlsread(nama_tabel) adalah untuk membaca tabel excell dan memasukkannya ke variabel X.
  • Instruksi dengan syntax set(handles.nama_GUI_tabel, ‘Data’, variabel) adalah untuk menampilkan isi variabel ke tampilan GUI.

Artikel-artikel terkait :

  1. Membuat GUI Matlab Sederhana Untuk Konversi Suhu Dengan Pop-Up Menu.
  2. Menambahkan Noise pada Citra/Image & Menampilkannya dengan Menggunakan Matlab.
  3. Cara Membuka dan Menampilkan image dengan menggunakan GUI Matlab.
  4. Tutorial Membuat Lembar Kerja GUI (Grapichal User Interface) Matlab.

Be Sociable, Share!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *