Metahash, TraceChain, BlockChain 4.0

Sudah tidak dipungkiri lagi, implementasi teknologi blockchain semakin hari semakin meningkat. Mulai dari perusahaan-perusahaan sampai lembaga pemerintahan mulai melirik teknologi ini. Mengapa? Apa kelebihannya? Kelebihan yang dimiliki teknologi blockchain antara lain adalah tingkat securitas yang tinggi, privasi, kecepatan, low cost, dan lain sebagainya. Itulah kelebihan-kelebihan yang dimiliki dari sistem yang terdesentralisasi.

Metahash adalah salah satu Project yang mengadopsi teknologi blockchain generasi ke 4 (Blockchain 4.0). Melalui jaringan Tracechain miliknya, Metahash mampu mengeksekusi transaksi lebih dari 50000 transaksi per detik. Dengan proses validasi kurang dari 3 detik. Kecepatan transaksi ini lebih cepat dari kecepatan transaksi Visa dan Master Card. Ini kecepatan yang luar biasa. Metahash memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan. Berikut ini tabel perbandingan Project Metahash dibandingkan dengan Project Blockchain lainnya seperti Bitcoin, Ethereum, dan EOS.

TABEL PERBANDINGAN
No. Kemampuan Bitcoin Ethereum EOS Metahash
1. Waktu validasi transaksi 10 menit 15 detik 5 detik Kurang dari 3 detik
2. Transaksi perdetik maksimal 12 maksimal 30 dari 1000 sampai jutaan dari 50000 sampai jutaan
3. Tingkat desentralisasi Tinggi Tinggi Rendah Tinggi

Mari kita lihat lebih detail tentang Metahash. Seperti yang digambarkan pada “white Paper” Metahash Project (Anda bisa mengunjungi web resminya di metahash.org ) , goal dari Metahash adalah menjadi Digital Asset Exchange dalam jaringan terdesentralisasi dan sebagai platform untuk membangun aplikasi terdesentralisasi yang bekerja secara realtime. Metahash membangun infrastruktur dalam jaringan yang terdesentralisasi. Metahash melakukan transisi dari model konsensus proof of work (PoW)(mining) menjadi Multi Proof of Stake (Multi PoS) atau disebut sebagai forging. Project Metahash terdiri dari 4 bagian yang saling bersinergi. Empat bagian tersebut adalah sebagai berikut :

1. TraceChain

Adalah sebuah algoritma untuk routing lalulintas data didalam jaringan yang dikembangkan oleh Metahash developer. Tracechain bekerja pada jaringan blockchain 4.0 (blockchain generasi ke 4) yang pastinya lebih aman dan lebih cepat dibandingkan blockchain generasi ke 3. Tracechain menyelesaikan masalah kecepatan transaksi didasarkan pada sebuah Automatic Self-Learning (Artificial Intelegent).

2. MetaApps

Adalah sebuah platform untuk membangun standalone Dapps (Desentralized Application) yang memungkinkan untuk ditulis dalam beberapa bahasa seperti C++, PHP, solidity, javascript, dan lain sebagainya. MetaApps juga merupakan sebuah evolusi Smart Contract dan digunakan untuk mendesentralisasi berbagai layanan. Berikut beberapa keuntungan dari MetaApps :

  • Berjalan secara Real Time. Dengan kecepatan secepat layanan aplikasi dan layanan regular web.
  • Design GUI yang custom. Dapat terlihat sebaik aplikasi dan webpage pada umumnya.
  • Keamanan. Tentu keamanan yang sangat terjaga dari hacker atau pihak asing yang ingin merusak aplikasi atau layanan.

3. Metagate

Adalah sebuah user interface (web browser) yang open source (open source program) untuk third-party developer (developer pihak ketiga). Semua developer dapat memasukkan bagian kode-kode program miliknya ke dalam aplikasi mereka dan diupload ke dalam Metagate browser.

4. MetaHashCoin (MHC)

Adalah digital asset / cryptocurrency yang berfungsi sebagai alat pembayaran didalam jaringan dan untuk menyediakan konsensus sepanjang regulasi keuangan dari pengembangan jaringannya. MetaHashCoin (MHC) merupakan cryptocurrency tercepat didunia (proses validasi kurang dari 3 detik) dan terdesentralisasi penuh (full desentralized). Beberapa fungsi dari MetaHashCoin (MHC):

a. Transaksi

MHC berguna sebagai alat pembayaran atau pertukaran asset digital. Biaya transaksi yang sangat murah.

b. Penyimpanan Data

MHC merupakan terobosan baru yang dapat digunakan untuk penyimpanan data aplikasi-aplikasi yang membutuhkan kecepatan dan volume data yang besar. Ini lebih baik dibandingkan dengan system blockchain konvensional.

c. Operasi Berbagai Aplikasi

Aplikasi-aplikasi terdesentralisasi dan smart contract membutuhkan resource untuk penempatan. Termasuk dalam jaringan Metahash itu sendiri

d. Layanan-layanan Lainnya

Termasuk pembayaran untuk public address, Listing didalama MetaApps, Memposting iklan di dalam Metagate, dan resources lainnya.

MetaHashCoin (MHC) bisa anda beli secara langsung melalui Exchanger Cryptocurrency. Atau anda bisa melakukan forging untuk mendapatkannya. Forging adalah alternative dari mining yang menggunakan metode Multi PoS (Multi Proof of Stake). Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Metahash termasuk apa itu forging, anda bisa mengunjungi website resminya langsung di metahash.org . Anda bisa melihat secara detail tentang Metahash system dengan mendownload “white paper” dan “yellow paper” di website resminya tersebut.


Be Sociable, Share!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *